Sabtu, 25 Maret 2017

Telkomsel Papua-Maluku alihkan jaringan ke satelit untuk Jayapura dan sekitarnya

id Telkomsel Papua-Maluku alihkan jaringan ke satelit untuk Jayapura dan sekitarnya
Telkomsel Papua-Maluku alihkan jaringan ke satelit untuk Jayapura dan sekitarnya
Proses penyambungan kabel optik putus. (Foto: Istimewa)
Proses penanganan gangguan dari sisi Telkomsel dilakukan dengan mengalihkan sementara waktu `link transport` ke media transmisi satelit dan IP Radio dan secara bertahap akan dilakukan penambahan kapasitas.
Jayapura (Antara Papua) - Manajemen PT Telkomsel Regional Papua-Maluku mengalihkan jaringan komunikasinya dari sebelumnya menggunakan kabel optik PT Telkom ke satelit karena gangguan layanan komunikasi data di wilayah Jayapura dan sekitarnya.

"Proses penanganan gangguan dari sisi Telkomsel dilakukan dengan mengalihkan sementara waktu `link transport` ke media transmisi satelit dan IP Radio dan secara bertahap akan dilakukan penambahan kapasitas," ujar General Manager ICT Operation Telkomsel Regional Papua-Maluku Muhammad Muslih di Jayapura.

Ia mengungkapkan penyebab gangguan tersebut belum bisa dipastikan karena PT Telkom selaku pemilik kabel optik belum memberikan konfirmasi.

"Release resmi terkait titik gangguan belum kami dapatkan dari PT Telkom," katanya.

Muslih menjelaskan saat ini layanan data Telkomsel sudah mulai dapat digunakan dengan kuota terbatas, sementara jaringan suara dan pesan masih bisa diakses seperti biasa oleh para pelanggan.

"Akses komunikasi suara dan SMS dapat digunakan, sedangkan untuk akses data terjadi penurunan kapasitas sehingga `throughput` data `payload` yang bisa diakses pelanggan juga terbatas," ujarnya lagi.

Ia pun belum bisa memastikan berapa lama gangguan jaringan tersebut akan berlangsung karena proses perbaikannya dilakukan PT Telkom.

Akibat gangguan tersebut, Telkomsel pun meminta maaf kepada pelanggannya karena kenyamanan dalam berkomunikasi melalui jaringan data terganggu. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga