Sabtu, 25 Maret 2017

Disdukcapil: belum ada data valid penduduk Mimika sampai 2016

id Disdukcapil: belum ada data valid penduduk Mimika sampai 2016, Papua
Disdukcapil: belum ada data valid penduduk Mimika sampai 2016
Kepala Disdukcapil Kabupaten Mimika Bertolomeus Kunong. (Foto: Antara Papua/Jeremias Rahadat)
Kalau semester pertama 2016 periode Januari-Juni jumlah penduduk Mimika sebanyak 304.942 jiwa.
Timika (Antara) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua menyatakan sampai akhir 2016 belum ada data valid tentang jumlah penduduk di kabupaten itu.

Kepala Disdukcapil Mimika Bartholomesu Kunong, membenarkan hal itu ketika dikonfirmasi di Timika, Selasa.

Ia mengatakan rekap jumlah penduduk semester kedua periode Juli-Desember 2016, sementara ini belum dicetak sehingga jumlah penduduk Mimika 2016 belum dapat diketahui pasti.

"Kalau semester pertama 2016 periode Januari-Juni jumlah penduduk Mimika sebanyak 304.942 jiwa," katanya.

Ia mengatakan pihaknya belum dapat mencetak rekapan jumlah penduduk Mimika semester dua 2016 akibat gangguan pada sistem.

Kadispencapil juga mengatakan jika dirinya telah memerintahkan stafnya untuk tidak memberikan data kependudukan kepada siapa saja yang tidak berkepentingan.

Hal tersebut dimaksudkannya agar data tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan pribadi atau kelompok.

Sehubungan dengan data jumlah penduduk Mimika tersebut, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika hingga kini belum memiliki Data Pemilih Tetap (DPT) yang baru.

Ketua KPUD Mimika Theodora Magal mengaku pihaknya mengalami kesulitan dalam melakukan pembaharuan DPT yang seharusnya dipersiapkan KPUD Mimika menjelang pemilihan Gubernur Provinsi Papua dan Kepala Daerah Kabupaten Mimika pada 2018. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga