Sabtu, 25 Maret 2017

Dua kampung di Kota Jayapura jadi "langganan" banjir

id Dua kampung di Kota Jayapura jadi "langganan" banjir, Papua
Dua kampung di Kota Jayapura jadi
Suasana saat banjir di Jayapura, Papua. (Foto: Istimewa)
Kedua kampung yang menjadi langganan banjir, yakni Kampung Konya dan Perumahan Organda.
Jayapura (Antara Papua) - Dua kampung di wilayah Kota Jayapura, Provinsi Papua, hingga kini masih menjadi "langganan" banjir saat hujan deras.

"Kedua kampung yang menjadi langganan banjir, yakni Kampung Konya dan Perumahan Organda," kata Kepala BPBD Kota Jayapura Bernard Lamia kepada Antara di Jayapura.

Ia mengatakan kini tercatat sekitar 150 kepala keluarga (kk) yang berada di kedua kampung yang menjadi "langganan" banjir.

Seringnya kedua kampung menjadi "langganan" banjir akibat awalnya daerah itu merupakan kawasan resapan air dan ada gua yang menjadi menjadi tempat pembuangan air.

Namun akibat tertutup berbagai jenis sampah menyebabkan air tidak dapat mengalir hingga menyebabkan banjir di sekitar kawasan itu, kata Lamia.

Untuk mengatasi banjir tahunan di kawasan itu maka pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum Papua guna membangun saluran pembuangan.

"Belum dipastikan kapan pembangunan saluran pembuangan dibangun," kata Kepala BNPB Kota Jayapura seraya menambahkan akan mendirikan posko kesehatan khususnya di Konya yang sempat digenangi air setinggi satu meter. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga