Rabu, 18 Januari 2017

Babinsa Koramil Nimboran bantu tanam padi di Kampung Hamonggrang

id Babinsa Koramil Nimboran bantu tanam padi di Kampung Hamonggrang, Papua, Kodam Cenderawasih
Babinsa Koramil Nimboran bantu tanam padi di Kampung Hamonggrang
Babinsa Koramil 1701-11/Nimboran membantu petani menanam padi perdana di Kampung Hamonggrang, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, pada Selasa (10/1). (Foto: Istimewa/Pendam XVII/Cenderawasih)
Awalnya merupakan lahan kosong yang ditumbuhi pohon-pohon besar, kemudian digarap menjadi lahan persawahan atas kerja sama pemerintah daerah dan satuan TNI.
Jayapura (Antara Papua) - Babinsa Koramil 1701-11/Nimboran membantu petani menanam padi perdana di Kampung Hamonggrang, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, pada Selasa (10/1).

Aksi tanam padi perdana itu pada lahan milik Kepala Kampung Hamongrang Yosua Sanggrang Bano, yang luasnya mencapai empat hektare.

Peltu Mujiono selaku babinsa dibantu oleh tujuh orang anggota Koramil 1701-11/Nimboran, bersama 19 orang petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Karya Tani Kampung Hamonggrang, bahu membahu menanam padi di lahan baru itu.

Juga sebanyak 39 orang dari Kelompok Tani Budi Luhur Kampung Karya Bumi Distrik Namblong dibawah pimpinan Mukari, dan dihadiri oleh Kepala Kampung Karya Bumi Rasino.

Mujiono mengatakan pembukaan lahan sawah baru di lahan Kepala Kampung Hamonggrang itu baru terlaksana beberapa bulan lalu, dan kini dapat ditanami bibit padi, karena proses pengerjaan pembukaan lahan sawah tersebut memang cukup rumit.

"Awalnya merupakan lahan kosong yang ditumbuhi pohon-pohon besar, kemudian digarap menjadi lahan persawahan atas kerja sama pemerintah daerah dan satuan TNI," ujarnya.

Sedangkan Yosua Sanggrang Bano merasa sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, khususnya pemerintah daerah dan keterlibatan TNI untuk membuka lahan persawahan baru bagi masyarakat.

"Kami sangat terbantu dengan adanya aparat TNI selaku pendamping pertanian bagi masyarakat yang berprofesi sebagai petani. Apapun kendala yang kami hadapi dilapangan, para Babinsa selalu ada dan secara bersama-sama mencari solusi untuk mengatasi kendala yang petani hadapi sesuai kemampuan kami," ujar Yosua Sanggrang Bano. (*/adv)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga