Kamis, 29 Juni 2017

Pemprov Papua dorong pengembangan Danau Sentani sebagai pusat wisata PON

id Pemprov Papua dorong pengembangan Danau Sentani sebagai pusat wisata PON
Pemprov Papua dorong pengembangan Danau Sentani sebagai pusat wisata PON
Kepala Bappeda Provinsi Papua Muhammad Musaad. (Foto: Antara Papua/Hendrina Dian Kandipi)
Kami mencoba mengembangkan berbagai aspek pendukung penyelenggaraan PON XX pada 2020, salah satunya adalah pengembangan Danau Sentani sebagai kawasan wisata.
Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat mendorong pengembangan Danau Sentani sebagai pusat wisata ketika pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Bumi Cenderawasih.

Kepala Bappeda Provinsi Papua Muhammad Musaad di Jayapura, Kamis, mengatakan menjelang pelaksanaan PON 2020, pemerintah akan mengembangkan Danau Sentani sebagai daerah wisata, sehingga diharapkan dukungan terutama dari pihak adat dan masyarakat sekitar lokasi wisata.

"Kami mencoba mengembangkan berbagai aspek pendukung penyelenggaraan PON XX pada 2020, salah satunya adalah pengembangan Danau Sentani sebagai kawasan wisata," katanya.

Menurut Musaad, pihaknya akan mencoba mengembangkan Danau Sentani, mirip dengan pengembangan Danau Toba, yang mana telah mampu dikembangkan dengan baik sebagai daerah wisata.

"Pengembangan daerah wisata ini merupakan komitmen dari Gubernur Papua Lukas Enembe dalam mewujudkan Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera," ujarnya.

Dia menjelaskan Pemprov Papua tentu berkomitmen mengembangkan berbagai bidang yang mana diharapkan bisa memberikan pendapatan bagi daerah.

"Jadi selain menjaga keberadaan kawasan wisata, kami berharap dapat pula memberikan pemasukan bagi daerah sehingga dapat membantu perekonomian wilayah," katanya lagi.

Dia menambahkan dengan semakin banyak tempat wisata yang dapat dikembangkan, maka ke depannya bisa menjadi salah satu pemasukan bagi pendapatan daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat. (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga