Minggu, 22 Oktober 2017

Selandia Baru-Papua jajaki kerja sama cegah korupsi

id Selandia Baru-Papua jajaki kerja sama cegah korupsi
Selandia Baru-Papua jajaki kerja sama cegah korupsi
Asisten II Setda Papua Elia (Foto: Antara Papua/Anwar)
dalam pertemuan tersebut, Duta Besar Trevor Matheson menawarkan kerja sama di bidang pemerintahan khususnya untuk pencegahan korupsi
Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Selandia Baru dan Provinsi Papua menjajaki peluang kerja sama dalam pencegahan korupsi di wilayah Bumi Cenderawasih.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty di Jayapura, mengatakan, penjajakan kerja sama ini tercuat dalam pertemuan dengan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Trevor Matheson.

"Selandia Baru adalah negara yang paling bebas korupsi, oleh karena itu, pemerintahnya ingin sekali membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov)Papua," katanya.

Menurut Elia, jadi dalam pertemuan tersebut, Duta Besar Trevor Matheson menawarkan kerja sama di bidang pemerintahan khususnya untuk pencegahan korupsi.

"Jadi Duta Besar Selandia Baru dan rombongannya datang untuk melihat peluang yang dapat dikerjasamakan, kami akan bahas kembali, tapi pada prinsipnya tawaran ini sangat baik," ujarnya.

Selain itu, Pemerintah Selandia Baru juga ingin meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Khusus untuk bidang pendidikan, pemerintah setempat sangat senang, karena banyak anak-anak Papua yang mengenyam pendidikan di negara yang dijuluki negara Kiwi tersebut," katanya lagi.

Sementara di bidang perdagangan, Duta Besar Selandia Baru juga menawarkan kerja sama di sektor perdagangan khususnya perdagangan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). (*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga