Minggu, 22 Oktober 2017

Pangdam Cenderawasih: nobar film G30S/PKI guna bangkitkan jiwa nasionalisme

id Pangdam Cenderawasih: Nobar Film G30S/PKI guna bangkitkan jiwa nasionalisme, Papua, Kodam
Pangdam Cenderawasih: nobar film G30S/PKI guna bangkitkan jiwa nasionalisme
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George E Supit memberi arahan pada nobar film G30S/PKI yang digelar di Aula Toni Rompi Makodam Cenderawasih, pada Jumat (29/9). (Foto: Istimewa/Pendam XVII/Cenderawasih)
Dengan nonton film ini diharapkan membangkitkan jiwa nasionalisme dan agar sejarah tidak terlupakan
Jayapura (Antara Papua) - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George E Supit mengatakan nonton bareng (nobar) film G30S/PKI yang digelar di Aula Toni Rompi Makodam Cenderawasih, pada Jumat (29/9), dimaksudkan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme.

"Dengan nonton film ini diharapkan membangkitkan jiwa nasionalisme dan agar sejarah tidak terlupakan," ujar Mayjen George Supit.

Nobar film G30S/PKI itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada semua jajaran TNI.



Pangdam berharap generasi penerus bangsa dari kalangan TNI harus tahu persis kejadian beberapa dekade lalu.

"Begitu juga masyarakat bisa mengetahui bagaimana pembrontakan PKI, bagaimana kejadian sejarah yang sangat memilukan itu," ujarnya.

Dengan mengetahui secara benar apa yang terjadi saat itu, kata Pangdam, maka masyarakat dan generasi muda TNI nantinya tidak mudah terpengaruh oleh sekelompok orang yang sedang berusaha memutar balikkan fakta sebenarnya.

Nonton bareng seperti itu juga dilaksanakan dari jajaran Koramil, Kodim, dan Korem.



Bahkan jajaran Kodim juga memberikan fasilitas nonton bersama bagi masyarakat umum dan siswa siswa sekolah.

"Nobar dilaksanakan mulai dari tingkatan terendah yaitu koramil dengan memperhatikan kondisi lapangan yang ada," ujar Pangdam. (*/adv)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga