Minggu, 22 Oktober 2017

Pemkab Mimika beli rumah untuk asrama mahasiswa

id Pemkab Mimika beli rumah untuk asrama mahasiswa, Papua
Pemkab Mimka membeli rumah dan tidak membangun baru karena keterbatasan tahun anggaran yang dimilik sehingga tidak dimungkinkan untuk membiayaai perencanaan, pengadaan tanah dan pembangunan asrama baru
Timika (Antara Papua) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua pada 2017 akan membeli satu unit rumah di Kota Semarang untuk dijadikan sebagai asrama putri mahasiswa asal daerah itu.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Pemkab Mimika Hengki Amisim di Timika, Kamis mengatakan pengadaan asrama putri mendesak karena banyak mahasiswa asal Mimika yang menempuh pendidikan tinggi di Semarang.

"Asrama itu akan membantu mahasiswa terkait biaya sewa kontrakan sehingga Pemkab Mimika perlu memiliki bangunan asrama untuk menampung mahasiswa, katanya.

"Dana sudah kami sediakan yang bersumber dari dana Otonomi Khusus Papua dari Provinsi Papua tahun 2017 dan pembelian rumah akan direalisasi 2017 ini juga," katanya.

Ia menjelaskan Pemkab Mimka membeli rumah dan tidak membangun baru karena keterbatasan tahun anggaran yang dimilik sehingga tidak dimungkinkan untuk membiayaai perencanaan, pengadaan tanah dan pembangunan asrama baru.

"Kami sudah survei tiga rumah yang bakal dijadikan sebagai asrama. Untuk menetukan rumah mana yang layak digunakan dan biaya yang harus kami bayar untuk membeli rumah kami akan gunakan jasa apraisal," tuturnya.

Sementara itu hingga saat ini Pemkab Mimika telah memiliki sejumlah asrama di beberapa kota studi yang ada di Papua dan Papua Barat termasuk di beberapa kota studi lain yang ada di luar Papua.

"Di Jayapura ada tiga asrama, Manokwari ada satu asrama. Sedangkan di luar Papua itu ada di Bandung satu unit, dan dua asrama di Manado," katanya.

Khusus untuk satu unit asrama di Manado yang rampung dibangun pada 2016 belum dapat digunakan lantaran masih bermasalah terkait tanah. Untuk itu pihaknya sementara menunggu penyelesaian tanah oleh Bagian Pertanahan Setkab Mimika.

"Kalau sudah selesai, kita langsung resmikan dan langsung bisa digunakan," ujarnya.(*)

Editor: Anwar Maga

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga